INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA SUGIHWARAS KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN - PELAYANAN : SENIN - KAMIS PUKUL 08.30 s/d 14.00, JUM'AT PUKUL 08.30 - 11.00, SABTU DAN MINGGU TUTUP

MELAKUKAN KUNJUNGAN KELUARGA SASARAN STUNTING

MELAKUKAN KUNJUNGAN KELUARGA SASARAN STUNTING

Sugihwaras, 24 Oktober 2023Stunting adalah salah satu jenis masalah pada anak akibat gizi buruk, terutama bila berlangsung dalam jangka Panjang. Kondisi ini bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan gizi pada ibu hamil atau semasa anak dalam masa pertumbuhan. Penyebab stunting menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ada dua, yakni factor lingkungan dan genetic. Lingkungan adalah aspek penting yang masih dapat diintervensi sehingga perawakan pendek atau stunting dapat diatasi. Faktor lingkungan yang berperan dalam mnyebabkan perawakan pendek antara lain status gizi ibu, pola pemberian makan kepada anak, kebersihan lingkungan dan angka kejadian infeksi pada anak. Selain disebabkan oleh lingkungan, stunting dapat disebabkan oleh factor genetic dan hormonal. Namun Sebagian besar stunting disebabkan oleh kekurangan gizi. Di Desa Sugihwaras data stunting balita per 23 Oktober 2023 sebanyak 11 anak. Dimana 10 dari mereka memiliki tinggi badan yang kurang ideal sesuai dengan standar usianya. Maka dari itu, stakeholders terkait melakukan kunjungan ke keluarga yang memiliki anak stunting itu untuk menggali akar persoalan untuk kemudian membuat kebijakan sebagai jalan keluar. (23/10/2023)

Stakeholders yang melakukan kunjungan ke keluarga-keluarga yang memiliki balita stunting diantaranya adalah pihak dari kecamatan, PLKB, Pemdes, Bidan Desa dan Kader Kesehatan, Babinsa, Pendamping Desa dan Pendamping PKH. Kemudian mereka dibagi ke dalam dua tim. Dalam kunjungannya, tim menginterview orang tua anak dengan berbagai pertanyaan yang mengarah ke makanan atau vitamin apa yang selama ini diberikan orang tua kepada anak. Kemudian bagaimana pola makan si anak serta pola asuh orang tua selama ini. Selain itu juga tim melakukan tinjauan ke sistem sanitasi daripada keluarga tersebut.

Dari kunjungan tersebut didapati data bahwa sebagian besar dari orang tua sudah memberikan makanan dan gizi secara baik. Hanya karena ketidaktahuan pola pemberian makanan, seperti perlunya selang-seling menu makanan agar anak tidak bosan makan dengan menu yang sama. Selain itu juga, pentingnya pemberian buah-buahan sebagai nutrisi anak.

Pasca kunjungan itu, sebagai langkah penanganan stunting di Desa Sugihwaras, Pemdes melakukan follow up dengan akan memberikan PMT yang berbeda-beda sesuai kebutuhan anak, seperti telur, susu dll. Dengan harapan agar Desa Sugihwaras bisa terbebas dari balita stunting dan anak-anak bisa tumbuh kembang secara baik dan maksimal.

-Budi Cahyono-

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung