INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA SUGIHWARAS KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN - PELAYANAN : SENIN - KAMIS PUKUL 08.30 s/d 14.00, JUM'AT PUKUL 08.30 - 11.00, SABTU DAN MINGGU TUTUP

Data Pantauan Corona Desa

Loading..

Arsip Agenda

PEMBANGUNAN JALAN USAHA TANI (JUT) DESA SUGIHWARAS

PEMBANGUNAN JALAN USAHA TANI (JUT) DESA SUGIHWARAS

Sugihwaras, 07 September 2021 - Jalan Usaha Tani merupakan prasarana transportasi pada area atau kawasan pertanian. Dimana manfaat daripada Jalan Usaha Tani tersebut adalah untuk memperlancar mobilitas alat dan mesin pertanian, pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian, atau sebaliknya mengangkut hasil produksi pertanian dari lahan. Pembangunan Jalan Usaha Tani ini menjadi salah satu pembangunan prioritas dari Kepala Desa Sugihwaras, Bapak Bambang TW., SH. yang mana linier dengan Visi dan Misi beliau yang concern ke sektor pertanian.

Diungkapkan oleh oleh Kepala Desa Sugihwaras bahwa mayoritas mata pencaharian masyarakat di Desa adalah petani. Maka dari itu Kepala Desa Sugihwaras dengan sungguh–sungguh dan semangat yang tinggi berusaha mensejahterakan masyarakatnya melalui perbaikan-perbaikan sarana dan prasarana pertanian di Desa Sugihwaras. Salah satunya adalah pembangunan Talud Jalan Usaha Tani yang sudah berjalan 2 (dua) hari ini dengan progress pekerjaan ±20 % di area pertanian Kanoman-Klepusari Selatan.

“Desa Sugihwaras memiliki area pertanian terluas dibandingkan dengan desa lain di Kecamatan Adimulyo. Saya mau pada saatnya nanti Desa Sugihwaras menjadi lumbungnya padi di Kecamatan Adimulyo. Maka dari itu, pembangunan-pembangunan yang saya prioritaskan saat ini adalah dalam rangka meningkatkan produktifitas di sektor pertanian. Mulai dari perbaikan DAM di sungai Telomoyo yang dulu jebol. Kemudian pembangunan dilanjutkan dengan membangun saluran irigasi sebagai sarana pendukung dari Tanggul Sungai Telomoyo sampai jalan Kanoman-Klepusari Selatan sepanjang 989m. Dimana bangunan tersebut akan mampu mengairi area pertanian kurang lebih 150 Ha. Kemudian untuk prasarana transportasinya, saya mulai start untuk pembangunan Jalan Usaha Tani ini”, ucap Kepala Desa Sugihwaras.

Pembangunan Talud Jalan Usaha Tani (JUT) ini menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Desa (DD) TA 2021. Dimana kegiatan pembangunan ini merupakan kegiatan fisik kedua di tahun ini. Setelah di awal bulan Mei-Juli telah merampungkan pembangunan fisik berupa Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dari APBN kemudian pembangunan irigasi tersier dengan menggunakan Dana Desa (DD). Pelaksana Kegiatan (PK) Pembangunan Bapak Paryadi mengatakan, rencana volume pembangunan JUT ini adalah 145,8 m3.

“Dengan anggaran DD untuk fisik yang tersisa, rencananya Desa akan membangun Talud Jalan Usaha Tani ini dengan volume 145,8 m3 dengan menyesuaikan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang sudah ada, kemudian untuk panjang bangunannya adalah 275m. Untuk lebar Jalan Usaha Taninya sendiri, sesuai kesepakatan dengan warga yang lahan sawahnya terlewati bangunan JUT ini adalah 1,5m’’, tandas beliau.

Dengan pembangunan Jalan Usaha Tani ini, diharapkan akses transportani petani Desa Sugihwaras akan lebih mudah dan cepat. Selain itu, harapan besar juga bagi Pemerintah Desa Sugihwaras dan masyarakat adalah produktifitas pertanian di Desa Sugihwaras dapat meningkat. Aamiin

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Agenda Terkait

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3

Polling 4