INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA SUGIHWARAS KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN - PELAYANAN : SENIN - KAMIS PUKUL 08.30 s/d 14.00, JUM'AT PUKUL 08.30 - 11.00, SABTU DAN MINGGU TUTUP

NABUR BENIH IKAN NILA. HAYUKK!!

NABUR BENIH IKAN NILA. HAYUKK!!

Sugihwaras, 05 Februari 2020- Mengkonsumsi ikan baik tawar maupun laut adalah salah satu himbauan sekaligus ajakan yang terus-menerus digaungkan oleh Pemerintah dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Kebumen melalui Dinas Kelautan dan Perikanan beserta instansi-instansi terkait. Ajakan ini terus digembor-gemborkan melalui sosialisasi langsung kepada masyarakat desa di Kebumen, salah satunya  Desa Sugihwaras melalui Dinas Kelautan dan Perikanan dengan tema “Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan” atau disingkat dengan istilah GEMARIKAN beberapa hari lalu. Selain sosialisasi langsung kepada masyarakat, dilakukan juga dengan pemasangan spanduk, baliho dll, yang dipampang di area-area strategis. Dengan itu masyarakat Desa Sugihwaras yang diinisiasi oleh Kepala Desa Sugihwaras, Bambang TW., SH. melakukan tabur benih bibit Ikan Nila di beberapa titik sungai kecil atau biasa warga Sugihwaras menyebutnya dengan istilah “Blumbang” yang banyak kita jumpai di pekarangan-pekarangan warga. Tujuan daripada tabur benih ikan nila ini utamanya adalah agar nantinya ketika ikan tersebut sudah layak konsumsi, warga bisa memancingnya untuk dijadikan lauk pauk makan warga.

Kurang lebih sebanyak 20.000 bibit Ikan Nila merah dan hitam disebar oleh Bapak Kepala Desa Sugihwaras bersama jajaran perangkatnya juga dibantu oleh beberapa warga melakukan tabur benih bibit Ikan Nila di kurang lebih 15 sungai kecil di pekarangan warga Desa Sugihwaras. Seluruh warga menyambut baik dengan apa yang dilakukan oleh Bapak bambang Tulus Wibowo beserta jajarannya. Seperti halnya yang disampaikan oleh Ketua RT 01/03, “Saya selaku warga yang mengamini program GEMARIKAN yang diusung oleh Dinas Kelautan dan Perikanan sangat menyambut baik dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Jajaran PEMDES Sugihwaras dengan adanya tabur benih Ikan Nila ini, dan juga akan ikut serta menjaga kelestarian ekosistem ikan tersebut”.

Dimana kita ketahui bersama, ikan merupakan salah satu hewan dengan kandungan protein dan Omega 3 tinggi. Manfaat dari kita mengkonsumsi ikan begitu positif, dua manfaat vital diantaranya adalah meningkatkan daya cerdas anak dan mencegah potensi stunting. Mengingat hal itu, Bapak Kepala Desa Sugihwaras mempersilahkan kepada warga Sugihwaras untuk bisa mengambilnya untuk dikonsumsi dengan catatan tidak merusak ekosistem dan populasi ikan.

“Monggo kepada warga Sugihwaras ambil itu  ikan untuk kalian konsumsi, tapi ingat jangan kalian gunakan obat kimia dan setrum untuk mengambilnya. Mari kita jaga bersama populasi semua ikan di Desa kita,” tandas beliau.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Berkunjung ke Kebumen, Jajaran Pemkab Buton Tengah Belajar Shrimp Estate
Pastikan Kesiapan Masuk UGGP, Geopark Kebumen Dapat Validasi Lapangan dari 3 Kementerian
Cegah Stunting, 905 Warga di Kebumen Dapat Bantuan Jamban dan Tangki Septik
Berikut 14 Ruas Jalan yang Tengah Dibangun Pemkab Kebumen
Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3

Polling 4