INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA SUGIHWARAS KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN - PELAYANAN : SENIN - KAMIS PUKUL 08.30 s/d 14.00, JUM'AT PUKUL 08.30 - 11.00, SABTU DAN MINGGU TUTUP

PENYUSUNAN DAN PENETAPAN RPJMDES 2019-2025

PENYUSUNAN DAN PENETAPAN RPJMDES 2019-2025

Kebumen, 05 Desember 2019 - Berpedoman pada regulasi Permendagri Nomor 114 Tahun 2014  tentang Perencanaan Pembangunan Desa, Desa Sugihwaras melakukakan rangkaian agenda demi agenda berkaitan dengan Penyusunan RPJMDes periode 2019-2025. Diawali dari penggalian aspirasi di masing-masing wilayah atau biasa kita sebut dengan istilah Musdus (Musyawarah Dusun) pada pertengahan bulan September lalu kemudian ter follow up oleh tahapan berikutnya yaitu Lokakarya Desa sampai Musrenbang Penetapan RPJMDes awal bulan Desember ini yang dihadiri oleh Muspika, Pendamping Desa, Tomas, Toga, Ketua lembaga Desa serta tamu undangan lainnya. Dari hasil penetapan RPJMDes masa pemerintahan Kepala Desa Sugihwaras periode 2019-2025 ini nampaknya apa yang menjadi visi daripada Kepala Desa Terlantik yaitu ingin fokus ataupun memberikan skala prioritas pada kualitas produksi di sector pertanian Desa Sugihwaras diamini mayoritas Masyarakat Sugihwaras. Hal itu bisa dilihat dari prosentase anggaran yang lumayan untuk dialokasikan ke sector Pertanian, baik pembuatan dan penyediaan sarpras baru maupun yang dialokasikan untuk pemeliharaan yang sudah ada. Karena begitu banyak usulan-usulan yang diharapkan masyarakat Sugihwaras, bukan hanya di sector pertanian, dengan itu beliau Bapak Kepala Desa Sugihwaras akan mengajukan proposal-proposal maupun melakukan komunikasi cultural dengan instansi-instansi terkait yang tujuannya untuk mempercepat pembangunan di Desa yang dipimpinnya (Derep).

 

Sejauh mana kita ketahui, RPJMDes atau Rencana pembangunan Jangka Menengah Desa merupakan program skala 6 tahun kedepan yang harus disusun oleh Tim Pokja maksimal 3 bulan pasca Kepala Desa terpilih terlantik. RPJMDes ini merupakan pengejawantahan dari visi-misi Kepala Desa yang nantinya akan dijabarkan lagi dalam skala program tahunan yaitu RKPDes. Berangkat dari visi-misi Bapak Bambang Tulus Wibowo, SH. yang menginginkan sector pertanian Desa Sugihwaras lebih produktif, bisa dipastikan di awal-awal pemerintahan beliau, infrastruktur-infrastruktur yang menunjang produktifitas pertanian di Desa Sugihwaras akan dieksekusi terlebih dahulu. Hal ini dapat dilihat dari anggaran DD TA 2020, 50 %  anggaran itu akan dialokasikan untuk perbaikan irigasi tersier yang berlokasi di wilayah sawah RT 02/03. Begitupun tahun-tahun berikutnya akan dipastikan infrastruktur-infrastruktur yang akan menjadi prioritas adalah infrastruktur yang menunjang kualitas dalam produksi pertanian di Desa Sugihwaras.

 

Disamping pembangunan sector pertanian yang menjadi skala prioritas di Desa Sugihwaras, banyak juga pembangunan-pembangunan jenis fisik lain yang tidak kalah penting. Misalnya, Pembangunan rabat beton di hampir semua RT se-wilayah Desa Sugihwaras yang belum tuntas, Pengrokosan di sepanjang Jalan Tanggul Sungai Telomoyo, pengaspalan jalan desa dari RT 01 – 03 di wilayah RW 01. Mengingat banyaknya program-program pembangunan yang termuat di RPJMDes masa pemerintahan Bp. Bambang Tulus Wibowo, SH. yang menurut beliau tidak mungkin tercover semua oleh Dana Desa. Untuk itu beliau meyakinkan kepada seluruh masyarakat sugihwaras akan derep ke instansi manapun yang intinya bisa membantu mengeksekusi program-program yang di muat di RPJMDes tahun 2019-2025.

 

Dengan ditetapkannya RPJMDes tahun 2019-2025 ini, Pemerintahan Desa Sugihwaras yang di wakili oleh Kepala Desa menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh instrument masyarakat yang sudah berperan aktif dalam penyusunan RPJMDes kali ini. Beliau berharap besar kepada semua tamu undangan untuk bisa saling bahu membahu, bekerja sama dengan Pemerintahan Desa untuk memaksimalkan terealisasinya program-program di Enam Tahun kedepan masa pemerintahan Bp. Bambang Tulus Wibowo, SH.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Berkunjung ke Kebumen, Jajaran Pemkab Buton Tengah Belajar Shrimp Estate
Pastikan Kesiapan Masuk UGGP, Geopark Kebumen Dapat Validasi Lapangan dari 3 Kementerian
Cegah Stunting, 905 Warga di Kebumen Dapat Bantuan Jamban dan Tangki Septik
Berikut 14 Ruas Jalan yang Tengah Dibangun Pemkab Kebumen
Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3

Polling 4