INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA SUGIHWARAS KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN - PELAYANAN : SENIN - KAMIS PUKUL 08.30 s/d 14.00, JUM'AT PUKUL 08.30 - 11.00, SABTU DAN MINGGU TUTUP

BIMTEK SID DAN DESA ONLINE BAGI OPERATOR DESA, PENDAMING DESA DAN PEJABAT KECAMATAN DI KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2022

BIMTEK SID DAN DESA ONLINE BAGI OPERATOR DESA, PENDAMING DESA DAN PEJABAT KECAMATAN DI KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2022

BIMTEK SID DAN DESA ONLINE BAGI OPERATOR DESA, PENDAMING DESA DAN PEJABAT KECAMATAN DI KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2022

Karanganyar, 21 Oktober 2022 - Dalam rangka menggugah minat dan melek digital berbasis website, Dinas PMD menyelenggarakan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Desa dan Desa Online bagi Operator, Pendamping Desa dan Pejabat Kecamatan di Kabupaten Kebumen. Agenda tersebut dilaksanakan dari tanggal 17-19 Oktober 2022 bertempat di Hotel Candisari Ruang Jatijajar Kecamatan Karanganyar. Tujuan daripada diselenggarakannya agenda tersebut adalah Operator Desa lebih aktif membuat artikel atau mengelola fitur lain yang ada di website Desa Online. Kemudian mempublikasi baik berita maupun potensi desa di website masing-masing.

Dalam sambutan pertamanya oleh Kepala Dinas PMD Bapak Cokro Aminoto mengarahkan kepada peserta Bimtek agar Operator Desa dalam membuat artikel memperhatikan 5W 1H agar kemudian publik yang mngakses berita tersebut bisa mendapatkan berita yang terstruktur dan utuh.

 "5W 1H menjadi instrumen primer dalam pembuatan artikel. Untuk HOW atau bagaimana agenda tersebut berjalan, para Operator Desa bisa memperhatikan susunan acara yg disampaikan oleh protokoler. Lebih menariknya, teman-teman bisa mengutip statement daripada para narasumber", ucapnya.

Acara inti pada agenda tersebut diisi oleh Mas Agung selaku analisator berita dari Diskominfo Kabupaten Kebumen yang memaparkan berkaitan dengan Security Awareness atau kesadaran keamanan. Dimana pada saat pemaparan, beliau menyampaikan pentingnya sebuah keamanan data pribadi. Yang mana baru-baru ini marak diberitkan di stasiun TV mengenai kebocoran data. Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan strength password dengan mengombinasikan antara huruf, angka dan simbol. Kemudian juga ketika mendownload aplikasi, banyak aplikasi yang kemudian meminta user untuk mengizinkan mengakses data yang ada di Handphone kita. Disitu memungkinkan data kita bocor dan diketahui oleh developer .

 "Data pribadi sangat penting untuk kita jaga, agar kemudian tidak disalahkangunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Cek kebocoran data/akun kita melalui link periksadata.com. Disitu kita bisa melihat, dimana saja data kita telah terjadi kebocoran", pesan Mas Agung.

Sebelum akhir acara, ada harapan daripada admin juga operator Desa Online yang mana agar Diskominfo mampu mengintegrasikan Desa Online dengan aplikasi milik Kemensos yaitu SIKS-NG. Kemudian harapan kedua adalah agar Pemdes memberikan honorarium bagi pengelola website Desa Online.

~ Budi Cahyono ~

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3

Polling 4