INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA SUGIHWARAS KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN - PELAYANAN : SENIN - KAMIS PUKUL 08.30 s/d 14.00, JUM'AT PUKUL 08.30 - 11.00, SABTU DAN MINGGU TUTUP

PERTEMUAN POKJA KAMPUNG KB DAN KETAHANAN KELUARGA

PERTEMUAN POKJA KAMPUNG KB DAN KETAHANAN KELUARGA

Sugihwaras, 15 November 2022 - Salah satu program Pokja Kampung KB Elang selatan Desa Sugihwaras adalah Tri Bina (BKB,BKR,BKL). Pada kegiatan yang diselenggarakan di PKD (Poliklinik Kesehatan Desa)  kali ini adalah BKL atau Bina Keluarga Lansia. (11/11/2022)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Penyuluh KB Kecamatan Adimulyo, Bidan Desa Sugihwaras, Pokja Kampung KB Elang Selatan , serta undangan yang mayoritas adalah keluarga yang memiliki lansia atau lansia itu sendiri. Tujuan daripada  diselenggarakan kegiatan tersebut adalah dalam rangka meningkatkan kualitas hidup daripada kelompok keluarga yang memiliki lansia atau lansia itu sendiri.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan sambutan dari Kepala Desa Sugihwaras dilanjutkan oleh Penyuluh KB Kecamatan Adimulyo dengan mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan bagi para lansia. Beberapa diantaranya adalah dengan cara berolahraga seperti senam atau melakukan aktifitas ringan yang memungkinkan masih bias dilakukan oleh lansia maupan pra lansia.

Pada kesempatan tersebut, Bidan Desa selaku narasumber pertama memaparkan bagaimana cara lansia membangun cinta dengan pasangan di usia lanjut. Caranya adalah dengan cara tetap membangun komunikasi yang positif dan tetap bermesraan dalam momen-momen tertentu, seperti saat mau tidur.

“Sebelum tidur, baiknya pasangan lansia itu tetap membangun komunikasi untuk menjaga hubungan tetap harmoni dan menjalin intimitas”, jelas Ibu Bidan.

7 dimensi lansia tangguh juga dipresentasikan oleh Ibu Putri dari Penyuluh KB Kecamatan Adimulyo. 7 dimensi tersebut meliputi: Spiritual, Intelektual, Fisik, Emosional, Sosial, Kemasyarakatan, Profesional, Vokasional dan Lingkungan. Tujuh dimensi tersebut menjadi kunci dan parameter lansia yang sehat secara fisik dan mental, sehingga para lansia maupun pra lansia tetap aktif dan produktif.

Pada akhir acara, Ketua Pokja Kampung KB Desa Sugihwaras (Budi Cahyono), sedikit menyampaikan Program Kerja di tahun 2023 yang kurang lebih melanjutkan program-program primer yang sudah berjalan di tahun 2022 yang tetap fokus terhadap peningkatan kesejahteraan hidup berbasis keluarga.

-Budi Cahyono-

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Pemkab Kebumen Raih Penghargaan literasi Nasional dari Nyalanesia
Konsen Beri Perlindungan Terhadap PMI, Pemkab Kebumen Dapat Penghargaan dari Kemenlu
Bupati Kebumen Siap Tindaklanjuti Rekomendasi dari DPRD Atas LKPJ 2023
Pemkab Kebumen Raih Penghargaan BKN  Terkait Pertek Pegawai Pensiun
POPDA Se Karesidenen Kedu Resmi Dibuka di Kebumen, Diikuti 834 Peserta

Arsip POKJA KAMPUNG KB

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3

Polling 4