INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA SUGIHWARAS KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN - PELAYANAN : SENIN - KAMIS PUKUL 08.30 s/d 14.00, JUM'AT PUKUL 08.30 - 11.00, SABTU DAN MINGGU TUTUP

Data Pantauan Corona Desa

Loading..

Arsip Berita

KERJA BAKTI RT 01/03 MENYIKAPI AWAL MUSIM PENGHUJAN

KERJA BAKTI RT 01/03 MENYIKAPI AWAL MUSIM PENGHUJAN

Kebumen, 04 Desember 2019 - Melihat dan mengingat fenomena gerimis serta intensitas hujan dengan durasi waktu singkat dalam beberapa hari terakhir. Hal ini diyakini oleh masyarakat Sugihwaras khususnya dan  masyarakat Kecamatan adimulyo pada umumnya akan menjadi indikasi atau pertanda awal bulan musim penghujan tahun ini. Disamping itu juga, berkaca ke tahun-tahun sebelumnya, bahwasanya antara bulan November-Desember biasanya memang dikenal sebagai awal bulan peralihan musim, dari musim kemarau beralih ke musim penghujan. Berangkat dari dua hal tersebut, adalah Bapak Moh. Towil selaku Ketua RT 01/03, Dukuh Tugu Desa Sugihwaras berinisiatif untuk mengajak warga di wilayahnya untuk melakukan kerja bakti. Dimana titik lokasi yang menjadi fokus awal ini adalah di sepanjang tanggul Sungai Telomoyo wilayah RT 01/03 yang mayoritas masih berupa timbunan batu urugan.

 

Semangat dan antusiasme masyarakat setempat dalam memanifestasikan social values pada agenda kerja bakti kali ini begitu tumbuh. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya warga yang datang untuk ikut berpartisipasi dalam agenda kerja bakti tersebut. Dari total 45 KK yang ada di wilayah RT 01/03, Sebanyak 34 orang yang terdiri dari kaum tua dan kaum milenial datang dengan membawa perangkat kerja bakti yang mereka miliki. Dalam kesempatan itu juga, turut di hadiri oleh kepala desa Sugihwaras, Bapak Bambang Tulus Wibowo, SH. yang berusaha memantau langsung jalannya kerja bakti di wilayah tersebut. Selain itu juga, beliau memberikan appreciation kepada semua warga di lokasi kerja bakti yang sudah berusaha pro aktif untuk saling bersinergi dengan Pemerintahan Desa dalam konteks progresifitas pembangunan di Desa Sugihwaras, salah satunya adalah dengan agenda kerja bakti hari itu.

 

Dalam agenda kerja bakti di sepanjang tanggul Sungai Telomoyo wilayah RT 01/03, Dukuh Tugu tersebut, dapat dilihat bahwasanya mereka fokus untuk membersihkan daun-daun pisang maupun ranting-ranting berdaun rimbun pada pohon yang cukup besar yang berada di atas jalan tanggul sungai. Mereka berusaha membersihkan itu semua dengan cara salah satu maupun dua orang memanjat pohon tersebut menggunakan tangga. Hal ini logis mereka lakukan, karena memang sejauh kita ketahui bersama, daun-daun dan ranting tersebut akan menghalangi sinar matahari yang seharusnya mengenai tanah di jalan tersebut yang implikasinya adalah sulit keringnya kontur tanah itu sendiri. Dari segi lokasi, jalan tersebut merupakan akses pertama transportasi penghubung dua desa, yaitu Desa Sugihwaras dan Madureja.

 

Harapan dari agenda kerja bakti kali ini dari masyarakat RT 01/03 khususnya beberapa diantaranya adalah menumbuhkan nilai social dan solidaritas satu sama lain antara kaum tua dan milenial, akan mempermudah akses transportasi bagi siapapun yang melewati jalan tanggul sungai tersebut. Disamping itu juga, harapan lain adalah agenda kerja bakti kali ini akan bersifat continue  di titik-titik lokasi yang lain yang perlu dieksekusi dengan cara yang sama, yaitu kerja bakti.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3

Polling 4