INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA SUGIHWARAS KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN - PELAYANAN : SENIN - KAMIS PUKUL 08.30 s/d 14.00, JUM'AT PUKUL 08.30 - 11.00, SABTU DAN MINGGU TUTUP

Data Pantauan Corona Desa

Loading..

Arsip Berita

PEMBANGUNAN RABAT BETON JALAN USAHA TANI DARI APBN DI DUKUH SUGIHWARAS SELATAN

PEMBANGUNAN RABAT BETON JALAN USAHA TANI DARI APBN DI DUKUH SUGIHWARAS SELATAN

Sugihwaras, 03 Juni 2022 - Dalam upaya peningkatan perekonomian Desa Sugihwaras dalam sektor pertanian, tentunya harus ada faktor penunjang yang memadai. Salah satunya pembangunan akses Jalan Usaha Tani (JUT) yang sedang dikerjakan secara swakelola oleh warga Sugihwaras Selatan dengan menggunakan anggaran dari APBN. Dimana pembangunan JUT ini dipastikan akan memudahkan para petani dalam mengakomodasi hasil pertanian. Selain itu juga akan memangkas cost produksi warga di Dukuh Sugihwaras Selatan. Disamping itu, pembangunan JUT tersebut juga akan mempercepat aktifitas sehari-hari warga karena lokasi pekerjaan Jalan Usaha Tani yang terletak di atas tanggul Kali Kating yang mana jalan tersebut juga digunakan untuk mobilisasi sehari-hari warga.

Pembangunan rabat beton Jalan Usaha Tani (JUT) tersebut adalah hasil daripada pengajuan proposal kepada Presiden RI melalui staf kepresidenan yang diajukan oleh Kelompok Tani Setyo Wiji Dadi II yang diketuai oleh Bapak Paryadi. Dimana Bapak Paryadi juga menjabat sebagai Kasi Kesra di instansi Pemerintah Desa Sugihwaras. Dengan support pengurus Kelompok Tani dan masyarakat Dukuh Sugihwaras Selatan yang lain, proposal tersebut di terima dan anggaran yang diajukan dapat dicairkan pada bulan Mei kemarin.

Rencana pembangunan cor Jalan Usaha Tani tersebut akan dibuat dengan panjang 310m, lebar 2m, dengan ketinggian 0,15m. Dan dikatakan oleh Bapak Paryadi di lokasi, pekerjaan rabat beton yang dikerjakan secara swakelola  tersebut harapannya bisa diselesaikan kurang dari 2 (dua) minggu. Dimana pekerjaan tersebut sudah start  dari Hari Jum’at tanggal 03 Juni 2022.

“Alhamdulillah pada hari Jum’at ini, pekerjaan JUT ini sudah bisa start dengan dieksekusi oleh Panitia pembangunan, Kepala Dusun, Ketua RT dan RW, serta semua masyarakat ikut melibatkan diri. Dimana sebelum dilalukan pengecoran, tadi pagi sudah dilakukan gelar tumpeng yang dihadiri oleh Kepala Desa. Dan harapannya sebelum 2 (dua) minggu dari sekarang, pekerjaan cor ini bisa selesai. Sehingga kemudian JUT ini bisa dimanfaatkan untuk warga masyarakat”, ucap Ketua Kelompok Tani sekaligus Kasi Kesra tersebut.

Dengan dibangunnya pembangunan fisik JUT  ini, diharapkan perekonomian masyarakat dari hasil pertanian warga Sugihwaras Selatan khususnya bisa meningkat pasca pandemi yang menghancurkan semua segi kehidupan masyarakat. Aamiin

-Budi Cahyono-

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3

Polling 4