INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA SUGIHWARAS KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN - PELAYANAN : SENIN - KAMIS PUKUL 08.30 s/d 14.00, JUM'AT PUKUL 08.30 - 11.00, SABTU DAN MINGGU TUTUP

Data Pantauan Corona Desa

Loading..

Arsip Berita

UJI COBA PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) SD N SUGIHWARAS

UJI COBA PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) SD N SUGIHWARAS

Sugihwaras, 06 September 2021 - Kabupaten Kebumen saat ini telah ditetapkan statusnya masuk kategori Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Keputusan ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 38/2021 tentang PPKM Level  4, 3, dan 2 Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali. Kemudian SE Bupati Kebumen No. 443/1678 tentang PPKM Level 3 di Kabupaten Kebumen sendiri. Dimana kondisi tersebut diikuti sejumlah pelonggaran, salah satunya adalah diizinkannya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas dengan kapasitas maksimal 50 persen. Hal demikian yang mulai Hari Senin (06/09/2021) mulai diuji cobakan di SD N Sugihwaras di Kecamatan Adimulyo.

Implementasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang dilakukan di SD N Sugihwaras tentu mengacu SKB 4 Menteri. Dimana ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sekolah atau lembaga pendidikan sebelum menerapkan PTM. Diantaranya menyediakan wastafel atau tempat mencuci tangan, hand sanitizer, dan thermogun untuk mengecek suhu tubuh siswa dan guru. Pengecekan suhu tubuh siswa dilakukan oleh Petugas dengan dibantu Guru yang bertugas di pintu gerbang sekolah. Kemudian sebelum masuk kelas, siswa diwajibkan mencuci tangan dengan sabun di wastafel yang sudah tersedia di depan masing-masing kelas.

Uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di mulai Pukul 07.00 – 10.00 WIB dengan kapasitas 50 persen di setiap kelas. Dimana tempat duduk daripada siswa di buat dengan menerapkan phisycal distancing dan siswa diwajibkan memakai masker selama PTM berlangsung. Mengacu SOP dari Pemerintah Kabupaten Kebumen melalui Dinas Pendidikan, waktu pembelajaran adalah 4 jam. Pukul 07.00 – 07.30 WIB untuk persiapan pembelajaran dan screening awal. Pukul 07.30 – 09.50 WIB untuk pembelajaran, Pukul 09.50 persiapan pulang dan screening akhir. Dan tidak ada jam isrtirahat. Kemudian khusus hari Jum’at, durasi waktu pembelajaran adalah 25 menit dimulai Pukul 07.20 WIB. Hari Sabtu, durasi waktu jam pembelajaran 30 menit, dimulai Pukul 07.20 WIB.

Mengingat hari pertama siswa melaksanakan PTM, sebelum pulang siswa dibekali oleh gurunya cara bagaimana menjaga protokol kesehatan yang benar. Selain itu, siswa juga diberikan motivasi dan semangat agar selalu belajar baik saat Pembelajaran Tatap Muka atau menggunakan sistem online/daring.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3

Polling 4